XSCAPE Michael Jackson Song By Song 2


5. Do You Know Where Your Children Are (a.k.a. 12-O'Clock)

Tweet Kevin Hughes diatas jelas menyebutkan bahwa lagu ini akan masuk dalam album XSCAPE. Wow!
Lagu ini ditulis dan direkam oleh MJ pada sesi rekaman album Dangerous atau sekitar tahun 1990-1991. Lagi, hasil karya MJ yang satu ini pun telah bocor ke internet pada tahun 2010. Kebanyakan penggemar MJ pasti sudah tahu dan sering mendengarkan. Tapi kita lihat akan jadi seperti apakah lagu ini di tangan para produser yang terlibat dalam album XSCAPE.
Namun, setelah beredar bahwa lagu ini akan dirilis dalam album XSCAPE. Kembali media mulai memainkan isu dengan menghubungkan judul lagu ini dengan kasus pelecehan anak yang dituduhkan kepada MJ pada tahun 1993. Dan menganggap lagu ini terinspirasi dari kasus tersebut.
Lagu ini bercerita tentang seorang gadis berusia 12 tahun yang kabur dari rumah dengan meninggalkan sepucuk surat kepada ibunya, surat tersebut berisi bahwa gadis tersebut sudah lelah karena terus mendapatkan pelecehan seksual oleh ayah tirinya. Sampai akhirnya sang gadis malah menjadi 'lebih buruk' di luar sana. Kemudian pada bagian chorus, MJ bertanya pada pendengar lagu tersebut,  

“Do do you know where your children are? Because it’s now twelve-o’clock, and they’re somewhere out on the streets. Just imagine how scared they are!”
"Apakah kau tahu dimana anak-anakmu berada? Waktu menunjukkan pukul 12 malam, dan jika mereka berada di jalanan. Bayangkan betapa mereka ketakutan!"
Di lagu ini MJ kembali membahas isu sosial, yakni kurangnya perhatian orang tua kepada anak-anak mereka. Niat baik MJ mengingatkan para orang tua malah dikaitkan dengan kasus fitnah yang memiliki tujuan utama pemerasan kepada MJ yang jelas tidak bersalah.
Jadi Damien Shields, dalam artikelnya menyarankan kepada pihak MJ Estate & Epic/Sony agar merilis lagu ini dengan judul 12-O'Clock untuk mencegah dan meminimalisir permainan isu pada lagu ini. Karena bisa dilihat dari respon media, sebelum lagu ini dirilis dengan judul DYKWYCA pun sudah banyak permainan isu yang malah menyudutkan MJ. Jangan sampai isu ini merusak suksesnya album ini kelak.
Langkah ini semoga diambil oleh pihak Estate & Epic/Sony, karena respon dan ulasan dari para jurnalis sangat tinggi dan menyatakan bahwa lagu ini merupakan yang terbaik dari keseluruhan yang telah mereka dengar untuk album XSCAPE. Wah, semoga ya.

6. Slave to the Rhythm
Tak perlu ditanya lagi. Lagu ini sudah terkonfirmasi sejak awal untuk jadi bagian dari album baru Michael Jackson. Ditandai dengan iklan Sony Xperia Z2 dengan iringan lagu ini pada Februari lalu.

Slave to the Rhythm ditulis oleh LA Reid dan 'Babyface', yang kemudian direkam oleh MJ pada era Dangerous (1990-1991) dan diselesaikan tahun 1998. Lagu ini sempat diajukan untuk dirilis pada album Michael pada 2010, namun kembali tidak masuk sampai pada akhirnya lagu ini bocor ke internet pada tahun yang sama.

Terdapat beberapa versi lagu ini yang bocor ke internet. Namun perlu diketahui bahwa versi original atau versi terakhir yang dikerjakan MJ untuk Slave to the Rhythm belum pernah terdengar oleh publik. Karena versi bocoran 2010 adalah remix dari produser Tricky Stewart. Kemudian ada lagi versi 'duet' dengan Justin Bieber tahun 2013 lalu. Dan versi remix atau contemporized terbaru yang kita dengar dalam iklan Sony Xperia Z2 hasil tangan produser Timbaland.

Sedikit cerita tentang versi 'duet' dengan Justin Bieber: Pada 2010, saat Tricky Stewart mengerjakan versi remix lagu ini, sebagaimana disebutkan di atas, memanggil Bieber untuk merekam lagu ini. Dan saat itu Stewart menduduki jabatan di Epic Records yang dibawahi oleh LA Reid, yang merupakan si penulis lagu. Lalu Stewart memberikan vokal solo MJ dan Bieber kepada seorang DJ untuk dibuatkan remix terbaru tanpa sepengetahuan LA Reid. Hingga akhirnya pada 2013 lalu, remix yang dibuat DJ tersebut bocor di Soundcloud dan YouTube. Tak lama pihak MJ Estate menegaskan bahwa versi duet ini adalah versi ilegal dan akan segera dihapus peredarannya di internet.

Jadi, bisa dipastikan kita akan mendengar 2 versi terbaru dari Slave to the Rhythm di album XSCAPE ini. Karena Tricky Stewart tidak terlibat dalam album ini. Maka akan ada versi original dan versi aransemen baru karya Timbaland. Dan pastinya versi solo tanpa Justin Bieber.
Berikut ini 30 detik Slave to the Rhythm hasil aransemen Timbaland dalam promo Sony Xperia Z2:


  7. Blue Gangsta

Lagu ke-tujuh yang diperdengarkan adalah Blue Gangsta, beberapa jurnalis secara jelas menyebutkan judul ini dalam ulasan mereka. Responnya pun bermacam-macam, ada yang sangat menyukai yakni Kevin Hughes, juga ada yang kurang terkesan, yakni Michael Cragg.
Lagu ini merupakan lagu lainnya yang dikerjakan MJ dengan Dr. Freeze. Ditulis dan direkam bersamaan dengan lagu A Place with No Name pada akhir 1998.
"Untuk 'Blue Gangsta', aku ingin membuat 'Smooth Criminal' baru", jelas Dr. Freeze tentang inspirasinya dalam menulis lagu ini. "Sesuatu yang lebih modern dan berakar di tahun 2000-an." Selain Slave to the Rhythm, lagu ini adalah salah satu yang disarankan untuk dirilis pada album Michael tahun 2010, karena lagu ini bocor ke internet pada tahun 2009. Namun Dr. Freeze menegaskan bahwa versi yang telah bocor bukanlah versi original yang akan dirilis pada XSCAPE deluxe. Karena Freeze sudah menambahkan aransemen baru yang jauh berbeda dari versi bocoran. Tapi Freeze tidak terlibat dalam pembuatan versi remix/contemporized untuk album XSCAPE.
 
Another REAL NEW TRACK, walaupun kebanyakan penggemar sudah pernah mendengar lagu ini. Kita tunggu 13 Mei!

8. Xscape
Nah, sampai di lagu terakhir. Xscape merupakan lagu kedua yang otomatis terkonfirmasi untuk dirilis dalam album baru MJ tahun 2014 ini. Karena judul lagu ini dijadikan nama albumnya, dan beberapa detik potongan lagu ini dipakai dalam video teaser bersamaan diumumkannya sang album.
Ditulis oleh MJ, Fred Jerkins III, Rodney Jerkins, dan LaShawn Daniels pada sesi rekaman album Invincible. Namun tidak terpilih untuk dirilis dalam Invincible.
Lagu Xscape ini merupakan satu-satunya lagu yang diproduseri oleh produser aslinya, yaitu Rodney Jerkins. Jadi disamping versi originalnya, versi aransemen baru/contemporized diperkirakan akan tidak terlalu meleset jauh dan akan memenuhi keinginan serta pandangan MJ sendiri tentang bagaimana lagu ini harus seperti apa.
Dan lagi, ini bukan lagu yang baru bagi para penggemar setia, karena lagu ini pun telah bocor ke internet setahun setelah Invincible dirilis, yakni 2002/2003. Kisah lain menyebutkan bahwa jika saja tidak bocor ke internet, lagu ini akan dirilis dalam album kompilasi The Ultimate Collection tahun 2004.
LaShawn Daniels mengatakan ia sangat bangga bahwa lagu yang ia tulis bersama dengan MJ ini menjadi judul album dan menambahkan bahwa lagu Xscape akan menjadi single pertama.
Berikut ini potongan lagu Xscape dalam video teaser album berjudul sama.


Itulah pembahasan lagu per lagu yang diperkirakan (hampir keseluruhan sudah terkonfirmasi) akan mengisi 8 lagu utama dalam album XSCAPE. 6 diantaranya merupakan lagu yang pernah tersebar/bocor di internet, 2 sisanya merupakan lagu yang benar-benar baru. Bisa disimpulkan tracklist album XSCAPE versi standar adalah sbb.

1. Love Never Felt So Good
2. She Was Lovin' Me (aka Chicago)
3. Unknown title (?) [mid-tempo song from the '80s]
4. A Place with No Name
5. Do You Know Where Your Children Are (aka 12-O'Clock)
6. Slave to the Rhythm
7. Blue Gangsta
8. Xscape 

Tracklist di atas, 80% sama dengan prediksi album oleh Damien Shields pada 2013 lalu, seperti terlihat di gambar di bawah ini.
Bisa dilihat ada 6 dari 9 lagu prediksi dari Damien Shields telah terkonfirmasi akan dirilis dalam album XSCAPE. Karena ternyata She Was Lovin' Me dan Chicago adalah 1 lagu yang sama. Kemudian Can't Get Your Weight Off of Me dan I Was the Loser merupakan lagu yang direkam tahun 2000-an, sehingga tidak memenuhi ciri-ciri dari lagu yang belum diketahui.
Pembahasan belum berakhir. Karena kita baru saja membahas 8 lagu utama dalam versi standar, ada lagi yang masih kita bicarakan dalam versi deluxe. Dalam versi pre-order iTunes, album XSCAPE edisi deluxe mempunyai 17 lagu dan 2 video yang sampai saat ini belum teridentifikasi.
Sebagaimana dalam pengumuman resminya, MJ Estate menyebutkan tiap lagu akan memiliki satu buah versi remix/contemporized produser Timbaland, dkk; dan satu buah versi untouched atau versi original. Album ini berisi 8, maka jika dikalikan 2, hasilnya 16. Artinya ada 1 bonus yang akan mengisi. Lagu apa ya kira-kira?

Hot Fun in the Summertime (?)
Beberapa lagu dirumorkan akan menjadi bonus track atau lagu ke-17 album XSCAPE dalam versi iTunes. Lagu ke-17 ini tidak diperdengarkan dalam playback session. Tapi yang paling kuat adalah lagu Hot Fun in the Summertime, sebuah lagu kolaborasi dengan D'Angelo dan Mary J Blige.
Dimulai dari sebuah posting Jesse Johnson, gitaris band The Time, di Facebook di bawah ini, yang tak lama kemudian dihapus.
Disebutkan ada sebuah lagu dengan judul yang disembunyikan, 4 kata, diawali huruf H, berakhir dengan 'e' di kata terakhir. Damien Shields dalam hal ini langsung menghubungkan dengan lagu Hot Fun in the Summertime, sebuah lagu hits tahun 1969 milik band Sly and the Family Stone. Mengapa?
Walaupun dalam judul yang disembunyikan ada 4 kata sedangkan Hot Fun in the Summertime memiliki 5 kata. Damien menebak bahwa kata 'Fun' sengaja tidak disebutkan. Kemudian band Sly and the Family Stone adalah salah satu band favorit yang katalog musiknya juga telah dibeli oleh MJ.
Kemudian produser album Dangerous, Teddy Riley juga pernah mengatakan bahwa MJ pernah merekam beberapa musik favoritnya, diantaranya A Place with No Name dan lagu Hot Fun in the Summertime sendiri. Namun MJ tidak merekam keseluruhan bagian dari lagu ini.
Nah, disinilah alasan kenapa John McClain, yang juga adalah salah satu Pelaksana dari MJ Estate, memanggil D'Angelo dan Mary J Blige untuk melengkapi bagian yang kosong dari versi cover lagu Hot Fun ini.
Bukti lain yang mendukung adalah, Jesse Johnson (sebelum post facebook tersebut dihapus) sempat berkomentar bahwa lagu ini akan dirilis 13 Mei, dan tanggal itu merupakan hari dimana album XSCAPE dirilis. COCOK!
Nah, pertanyaannya sekarang apakah lagu ini akan menjadi lagu ke-17 dalam versi deluxe, atau kah ini merupakan lagu ke-3 yang belum diketahui judulnya tersebut? Hhmm.. Kita tunggu saja ya tracklist resmi album XSCAPE diumumkan!
Kesimpulan perkiraan final tracklist berdasarkan informasi dalam artikel ini:
Baiklah, sekian yang bisa disampaikan. Jika ada yang kurang jelas silakan ditanyakan via message facebook fanpage kami, atau berkomentar disini.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Michael Jackson Thumbs Up